Tugas Produser Film

Produser film adalah orang yang berperan paling penting dalam sebuah karya film, dia yang memulai sebuah project film, terlibat dari awal hingga akhir bahkan setelah film itu tayang pun tugas produser film masih terus berlanjut. Seperti yang kita tau sebuah karya film memilik tahapan proses yang panjang, dimulai dari ide film, menulis script dan mengembangkannya, produser mulai menghitung perkiraan budget yang dibutuhkan dan mencari pendanaan untuk memulai film tersebut. Kemudian berlanjut ke proses pra-produksi yang biasa nya memakan waktu paling lama hingg masuk ke tahap produksi dan pasca produksi.

Setelah sebuah karya film itu jadi dan siap tayang, tahap selanjutnya tugas produser adalah mendistribusikankan dan mempromosikan film tersebut ke masyarakat umum. Tidak jarang juga produser sudah mulai membuat strategi pemasaran film dari sejak awal sebuah ide film muncul. Seperti itu lah tingkat kompleks nya tugas produser film. Baiklah, lebih lanjut lagi mari kita bedah.

TUGAS PRODUSER FILM TAHAP PENGEMBANGAN

Tidak selalu ide film itu berasal dari produser itu sendiri bahkan seringkali produser menerima sebuah proposal film dari penulis buku, script writer, sutradara bahkan bisa juga dari mana saja. Namun pada akhirnya produser inilah yang menentukan apakah ide film itu layak untuk dibuat apa tidak. Dengan melihat potensi bisnis dan menarik tidak nya ide tersebut menurut seorang produser film. Setelah produser mempelajari ide film dan potensi nya tersebut, di titik paling itu produser sudah mulai bekerja.

Tugas Produser pada Tahap Awal Pengembangan.

  • Menentukan tim inti, Penulis skenario & Sutradara. Dari titik awal dimulainya project film, produser mulai merekrut penulis untuk mengembangkan skenario dari ide film tersebut. Dan juga mulai menentukan sutradara. 3 orang inilah yang menjadi orang paling penting dalam sebuah film. Produser, script writer dan sutradara akan sering berdiskusi untuk terus mengembangkan ide film.
  • Anggaran Membuat film; seiring dengan pengembangan skenario dan gambaran akan film tersebut, produser mulai membuat rencana anggaran yang dibutuhkan untuk membuat film bisa di produksi dari a to z. Dari anggaran pengembangan sampai memikirkan cara promosi film tersebut nanti nya. Mungkin bagian budgeting ini lah tugas produser film paling krusial dan butuh pengalaman serta kehati-hatian yang tinggi. Jangan sampai membuat anggaran yang terlalu minim hingga habis duluan ditengah jalan, tapi juga jangan terlalu tinggi hingga sulit mencari sumber pendanaan. Produser juga akan banyak melakukan negosiasi kepada siapapun nantinya yang akan terlibat dalam project film tersebut. Meng hire crew film, aktor dan lain sebagainya. Selalu tracking budget menjaga tetep aman hingga project finish.
  • Pencarian Dana: Jika draf naskah dan budgeting sudah selesai, produser akan mulai mencari pihak yang berpotensi mau bekerjasama untuk mendanai proyek film ini, bisa dengan rumah produksi lainnya, film studio, investor perorangan, investor perusahaan, atau pihak manapun yang tertarik dengan proyek film ini. Produser akan membuat perjanjian dengan pihak tersebut mengenai pengembalian modal dan pembagian keuntungan dengan masing-masing pihak.

Dari draft naskah pertama, hingga semua tahap produksi, sampai pengisian suara terakhir, keberhasilan atau kegagalan berada di tangan produser. Pengalaman dalam bidang ini tidak selesai dalam satu malam. Pengalaman tersebut lahir dari pengetahuan kreatif dan teknis selama bertahun-tahun, dan tentang kecintaan terhadap pekerjaan dan segala yang seiring dengannya, disertai kemampuan memilih bakat yang tepat yang mampu mengelilingi dirinya.

Julian, Wikipedia

TAHAP PRA-PRODUKSI

Pra produksi film adalah tahap untuk mulai mempersiapkan segala kebutuhan produksi film. Skenario film yang telah jadi (atau masih draft terakhir) akan di breakdown satu-persatu , dari talent, lokasi, wardrobe, jadwal, anggaran dan semua nya. Tim film pun juga akan bertambah ditahap ini, penata gambar/ Director of Cinematographer (DoP), art director, line produser dan lain sebagainya. Adapun tugas produser ditahap ini yang paling utama adalah

  • Budgeting:  Setelah naskah final dan membuat breakdown detail, produser beserta tim dibawahnya line producer, co-producer dl, akan membuat breakdown budgeting yang lebih detail lagi. Seperti kebutuhan Produksi, kru, pemain film, ijin lokasi, alat kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, penata rias dan rambut, transportasi, makanan dan minuman, akomodasi, kebutuhan pascaproduksi, hingga rencana promosi jangan lupa untuk dianggarkan.
  • Membentuk Tim: Dari rencana budgeting yang telah mencakup semua kebutuhan, selanjutnya Produser mulai merekrut dan membentuk tim produksi film. Besar kecilnya crew film akan tergantung dengan konsep film yang akan dibuat dan dengan jumlah anggaran yang dimilika juga tentunya. Disinilah seni menjadi produser film dalam memilih tim, talenta filmmaker yang baik namun tetep menjaga anggaran. Masing-masing departemen produski biasa nya juga akan mengajukan anggaran kepada produser, sebagai contoh departemen penata gambar misal, cinematographer yang direkrut produser biasa nya memiliki style dan kebutuhan sendiri. Dia akan membuat rencana anggaran yang akan di review oleh produser. Produser melakukan diskusi, saran bahkan negosiasi. Begitu juga untuk departemen-departemen produksi lain nya.
  • Casting: Bersama dengan sutradara dan mungkin juga penulis naskah, produser melakukan casting mencari pemain film atau aktor yang potensial untuk film tersebut. Tidak hanya tokoh utama, produser juga melakukan pencarian untuk semua kebutuhan talent hingga extras. Berbagai pertimbangan biasa nya dilakukan untuk memilih aktor, selain kemampuan acting tingkat popularitas dan kesuksesan film nantinya saat tayang juga menjadi perhitungan tersendiri.

TAHAP PRODUKSI

Tahap produksi adalah proses pengambilan gambar atau shooting berdasarkan skenario dan storyboard yang telah selesai ditahap pra-produksi. Dalam tahap produksi ini tugas produser film adalah

  • Melihat dan mengawasi: Saat proses shooting film sutradara adalah pemimpin utama nya. Bekerjasa sama dengan sinematografer dan kepala departemen lain nya, Produser mengikut semua proses itu, memastikan semua berjalan dengan lancar dan membantu jika ada kendala yang menharuskan produser turun tangan, misal masalah diluar dugaan seperti hujan atau bencara yang menharuskan extend hari dan lain sebagainya. Tugas Produser juga terus memastikan semua berjalan on-schedule sehingga semua budget juga terkendali.
  • Teman Diskusi: Tingkat tekanan dalam produksi biasa nya semakin meningkat seiring dengan jadwal yang padat dan budget yang terus berjalan. Sutradara terkadang membutuhkan pandangan lain atau teman diskusi saat shooting berlangsung, untuk memecahkan beberapa permasalahan bahkan diskusi tentang acting pemain artistik gambar dan lain sebagainya. Sering juga produser bersama penulis naskah ikut melihat proses shooting tersebut. Sehingga mereka masih bisa tetep berdiskusi.
  • Menyiapkan Materi Promosi: Produser juga memanfaatkan waktu produksi ini untuk mencari bahan promosi film, biasanya merekrut tim fotografi, tim video behind the scene. Tim ini bekerja dengan hati-hati jangan sampai mengganggu proses utama shooting. Dalam film budget besar, tim ini mempunyai sutradara sendiri yang fokus sebagai bahan promosi film. Bahkan tim ini bisa bekerja dari mulai tahap praproduksi.

TAHAP PASCA PRODUKSI

Setelah semua tahapan produksi yang panjang dan melelahkan selesai, tiba saatnya untuk menyunting gambar atau biasa disebut dengan proses editing. Pekerjaan ini dipercayakan kepada film editor yang akan didampingi dengan sutradara dan produser itu sendiri tentunya. Dalam Tahap ini tugas produser biasanya,

  • Memantau Proses Pascaproduksi: Produser review hasil editing bersama dengan sutradara. Apakah film tersebut sudah sesuai dengan harapan saat awal ide film terbentuk, apakah pesan sudah tersampaikan dan menarik. Bahkan produser memiliki pandangan-pandangan lain diluar artistik dan lain sebagainya, produser juga mempertimbangkan sisi marketing dan penjualan film selanjutnya. Produser menangkap hal-hal menarik dari hasil editing untuk bahan promosi film. Produser mengarahkan untuk membuat trailer film, teaser, promos social media dll.

DISTRIBUSI FILM DAN PENJUALAN

Setelah semua tahap selesai, film pun jadi seutuhnya dan siap tayang. Jauh hari produser telah menentukan tanggal tayang yang menurt produser terbaik. Tugas produser juga menentukan distribusi film ke bioskop dalam negeri maupun luar, mengikuti festival film, membuat dan mengatur road show, iklan ke media baik tv, social media, cetak dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga mengatur talkshow, mengajak aktor utama ke berbagai acara premiere.

Banyak sekali ya tugas produser, seperti itulah menjadi produser film harus bekerja tuntas dari awal sekali ide film hingga akhir. Kesuksesan film bisa dibilang menjadi tugas produser film yang utama. Namun sering kali dalam sebuah film sutradara lebih terkenal daripada produser itu sendiri. Sebenarnya keduanya adalah tokoh sentral yang penting dan tidak dapat dipisahkan. Terimakasih sudah membaca semoga mendapat gambaran fungsi dan tugas produser film dengan lebih jelas.

Baca juga tentang semua jabatan dalam film berikut.

Mimin juga menemukan video menarik penjelasan tentang apa itu produser ? simak berikut.

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend