apa itu sinematografer atau cinematographer

Sinematografer adalah orang yang bertanggung jawab dalam semua aspek visual baik teknis dan non teknis dalam sebuah film. Dia bekerja dan mendapat arahan dari Sutradara sejak pertama skenario film mulai dibedah, berdiskusi dan meng-interpretasikan visual dari sebuah skenario, membuat konsep visual dan blocking teknis. Pada dasarnya sinematografer memiliki kemampuan fotografer / still foto yang kemudian dikembangkan untuk sebuah gambar bergerak.

Selain dari sisi komposisi gambar juga memikirkan pemilihan kamera yang akan dipakai, lensa, jenis filter lensa, teknologi sinematografi yang sedang trend, pemilihan alat pendukung camera movement seperti crane, jib, drone dan lain sebagainya. Hingga pemilihan lampu tata cahaya dan semua perlengkapan lighting pendukung nya sesuai dengan visi dan arahan sutradara, demi mewujudkan cerita dalam sebuah skenario. Bisa dibilang keindahan gambar adalah ditangan seorang sinematografer.

Sinematografer menjadi kepala dari departemen kamera, lighting dan Grip. Sinematografer juga sering disebut sebagai penata kamera, cinematographer, DoP (Director of Photographer) atau hanya disingkat DP. Seorang sinematografer yang baik harus juga mengenal dengan baik alat yang akan dipakai dalam pembuatan sebuah film. Mengerti karakter kamera yang digunakan beserta lensa nya, bahkan dalam industri besar seperti hollywood sinematografer selalu update untuk teknologi kamera yang sedang ada.

Tim Kerja Sinematografer

Cinematographer bekerja untuk mewujudkan visi dari seorang sutradara dan mengatur efisiensi waktu pengambilan. Dalam industri film yang sudah besar Director of Photography dibantu oleh crew film yang semakin besar pula, biasa nya kru tersebut adalah:

  • 1st Camera Assistant menjadi tangan kanan pertama, ia bertugas mendampingi dan membantu semua kebutuhan shooting mulai dari pengecekan alat-alat hingga mempersiapkan sebuah shot
  • Focus Puller atau 2nd camera assistant bertugas membantu cinematographer dalam memutar focus ring pada lensa sehingga subjek yang diikuti kamera bisa terus dalam area fokus.
  • Camera boy istilah ini sering digunakan pada industri film di Hollywood, adalah seorang asisten kamera yang bertugas membawa kamera atau mempersiapkan kamera mulai dari tripods hingga memasang kamera pada tripods tersebut.
  • Grip adalah yang bertugas untuk memastikan letak kamera seperti yang diinginkan DoP baik secara level atau tinggi rendahnya. Grip juga bertanggung jawab dalam perpindahan kamera artinya Grip departemen yang memasang dolly track dsb.
  • Gaffer adalah istilah untuk seorang yang bertanggung jawab atau kepala departemen pencahayaan. Bersama DoP, Gaffer akan berdiskusi tentang warna, jenis cahaya dan gaya tata cahaya DoP tersebut.
  • Lightingman adalah orang-orang dalam departemen pencahayaan yang bekerja menata lampu sesuai dengan perintah Gaffer dan kemauan DoP.

Referensi:

wikipedia

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend