5 Langkah bagaimana membuat video promosi

Video menjadi salah satu cara komunikasi marketing terbaik saat ini. Hampir semua bisnis dari kecil hingga besar mulai banyak yang menyadari hal ini dan meloncat untuk membuat video promosi . Ini juga karena di era serba online permintaan pelanggan untuk melihat video produk terlebih dahulu sangat tinggi. Ada beberapa jenis video promosi yang bisa anda buat. Pembahasan hal itu telah kami muat dalam artikel 6 macam video promosi terbaik.

Beberapa perusahaan besar telah membentuk tim khusus dengan gaji bulanan untuk khusus memproduksi video promosi, tayangan social media dan lain sebagainya. Sementera UMKM dan pelaku usaha kecil biasa nya bellum memiliki anggaran untuk itu. Dan mungkin masih cukup kesulitan bagaiamana memulai membuat video promosi. Itu hal yang dapat dimengerti namun jangan kawatir, disini solusinya. Anda bisa belajar membuat video promosi diartikel ini. Selain itu Anda sebagai enterpreneur akan terbuka wawasan bagaiamana para profesional videografer, content creator, agency biasa nya bekerja dalam sebuah project video. Wawasan ini berguna nantinya untuk menentukan vendor mana yang menurut Anda bagus untuk project video perusahaan Anda. Atau bisa jadi ingin membentuk sebuah tim video production sendiri dalam lini Bisnis Anda.

Jasa membuat video promosi surabaya
Peralatan shooting video kini semakin terjangkau.

Memulai Membuat Video Promosi Dengan Strategy: Do it Yourself Video Production

Anda sering mendengar istilah Do It Yourself atau DIY, untuk sebagian besar pengusaha yang berawal dari kecil bahkan sendiri pasti sering melakukan banyak hal sendiri. Mencoba berbagai cara untuk mengembangkan bisnis nya. Membuat video promosi juga bisa Anda lakukan sendiri, memang akan lebih mudah jika meng-hire vendor profesional namun tidak semua kondisi bisnis siap disisi keuangan untuk hal itu. Mari kita mulai dari dasar dan kita buat sendiri video promosi ini.

Dalam artikel ini kita akan membahas 5 langkah bagaiamana membuat video promosi, apa aja yang dibutuhkan, saran dan tips dari kami selaku expert dibidang video production. Catatan singkat, karena artikel ini akan sangat panjang dan untuk mempersingkat tulisan biar enak dibaca, maka pembahasan detailnya silahkan klik pada masing-masing poin. Okay mari kita mulai pembahasannya.

The 5 Steps: Bagaimana membuat video promosi.

  1. LANGKAH 1 : Rencana Strategis
    Identifikasi tujuan dan goal dalam cerita
    Setelah memastikan tujuan dan goal yang akan dicapai, bikin creative brief, story outline, genre, dan target pasar dari video itu. Kembangkan lagi menjadi sebuah script, storyboard dan perkirakan budget yang dibutuhkan.
  2. LANGKAH 2 : Pre-Production
    Merencanakan aspek teknis membuat video promosi
    Setelah goal stretegis nya ditetapkan, saat nya membuat langkah-langkah bagaiamana membuat nya. Mengembangkan ide cerita dan plan. Merencanakan semua aspek teknis untuk produksi video tersebut.
  3. LANGKAH 3 : Produksi
    Hari shooting video
    Sekarang kita telah memiliki semua perencanaan. Saat nya untuk action, melakukan shooting. Dengan persiapan sebelum nya yang matang, jadwal, breakdown, crew, equipment dll.
  4. LANGKAH 4 : Post-Production
    Editing video
    Sekarang kita telah memiliki semua perencanaan. Saat nya untuk action, melakukan shooting. Dengan persiapan sebelum nya yang matang, jadwal, breakdown, crew, equipment dll.
  5. LANGKAH 5 : Distribusi video & Marketing
    Mendistribusikan dan bagi hasil produksi video promosi.
    Setelah semua tahap membuat video promosi selesai dan mendapatkan hasil yang maksimal, selanjutnya kita distribusikan, mempromosikan video itu sendiri, bagi ke platform media social, posting di web dan melakukan Search-Engine Optimization (SEO). Bahkan bisa memanfaatkan iklan berbayar di google, facebook, youtube dan lain sebagainya.

Itu dia 5 langkah membuat video promosi yang biasa profesional video production lakukan. Biasa nya orang awam focus hanya melakukan langkah 2-4, tahap produksi saja dan melupakan tahap 1 dan 5. Para profesional video production dan marketer biasa nya malah menghabiskan waktu yang banyak ditahap perencanaan dan strategi. Dan selanjutnya mengoptimalkan hasil video tersebut di tahap 5 dengan pendistribusion yang baik dan tepat sasaran. Dalam pengalaman saya, tahap nomor 5 justru tahap pamungkas jika diimplementasikan dengan benar akan mencapai hasil maksimal yang kita harapkan.

Okay itu semua rangkuman singkat 5 tahapan dalam membuat video promosi. Numpang promosi :), jika kamu ingin membuat video promosi namun tidak ingin repot untuk shooting kamu bisa memanfaatkan jasa stock footage yang tersebar banyak di internet. Salah satu nya disitus stock footage Bali. Balifootage.com salah satu partner kita di kreatif production. Kamu juga bisa memesan footage yang belum bisa kamu temukan disitu, tentunya hal yang berkaitan dengan Bali.

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend