Profesi Digital Content Creator

Saat ini digital content creator menjadi profesi yang banyak didengar. Hampir tiap hari semua manusia modern menggunakan gadget laptop , komputer terutama ponsel. Smartphone setiap saat diisi dengan data-data baik tulisan, foto maupun video. Semua itu adalah sebuah content atau muatan dengan berbagai hal isi nya dan itu bisa dibuat oleh siapa saja. Dan untuk orang yang menkhususkan dirinya biasa disebut dengan digital content creator.

Pengertian Digital Content Creator

Digital content creator (indonesia : Konten kreator)  adalah profesi modern diera internet yang pekerjaan nya membuat sebuah konten baik tulisan, foto, video dan suara dan dipublish secara luas. Ada yang bekerja dibalik layar untuk mengisi pesanan content orang lain. Ada yang memang menjadi terkenal sebagai content creator dengan membranding diri nya sendiri sebagai youtuber, blogger, selebgram, tiktokers dsb. Biasa nya para digital creator yang terkenal memiliki tema-tema khusus dibidang nya sebagai contoh Fitra Eri, seorang youtuber yang terkenal sebagai reviewer mobil. Content nya tentu hal-hal yang berkaitan dengan dunia otomotif.

Kalau diera sebelumnya melalui tulisan terkenal para blogger saat ini semakin murah nya biaya internet dan kecepatan yang mumpuni, saat ini banyak sekali bermunculan digital content creator dengan media youtube. Dan berbagai media lain nya yang semakin ramai. Untuk menjadi seorang digital creator pun sekarang semakin mudah. Cukup bermodal smartphone siapa saja bisa.

Bayu Skak Pada Acara DutaMuda Cleo Content Creator di Surabaya

Ada beberapa hal yang biasa nya dilakukan seorang creator.

  1. Menulis ide dan mengumpulkan berbagai referensi. Jika berniat untuk fokus dan mem-branding diri cari ide yang sesuai dengan minat dan bidangnya.
  2. Menuangkan ide tersebut dalam bentuk tulisan, foto, video atau suara. Jika dalam video akan ada proses lagi yang lebih panjang. Akan ada pembahasan selanjutnya.
  3. Publish hasil karya ke blog, youtube, instagram, tiktok, facebook dsb.
  4. Mencari ide baru lagi untuk konten selanjutnya. Konsisten adalah kunci sukses untuk menjadi seorang creator.

Demikian sharing kali ini, jadi ingat ya digital content creator itu tidak hanya youtuber saja, seperti penjelasan sebelum nya. So, buat kamu yang hanya bisa menulis tidak memiliki alat atau tidak Percaya diri didepan kamera masih banyak peluang lain untuk menjadi digital creator. Kami sendiri juga merupakan content creator surabaya yang lebih banyak aktif untuk membuat foto dan video, bisa dilihat beberapa hasil karya kami disini. Tetap semangat dan selamat berkarya!!

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend