Update Firmware Nikon Z6, Z7 dukung BRAW format

Sudah cukup lama blackmagic design mengeluarkan standar format RAW baru yang cukup menjadi gebrakan. Dengan ukuran yang bisa dipilih dan relatif lebih kecil dari pesaing format raw lain nya, ambil contoh ProRess Raw, BRAW telah banyak menarik perhatian. Didukung penuh oleh software editing dari blackmagic sendiri yaitu Davinci resolve, membuat BRAW sangat powerfull. Namun saat itu BRAW hanya bisa dinikmati oleh kamera produk keluaran dari blackmagic sendiri. Dan saat ini tidak lagi, beberapa vendor telah bersiap menimplementasikan format BRAW dijajaran produk mereka. salah satunya di firmware nikon z6 z7.

Nikon Z6 dan Nikon Z7 kamera mirrorless dari nikon ini baru saja merelease firmware update yang mampu untuk record Blackmagic RAW dan beberapa fitur baru. Dengan firmware version 3.29 ini update utama nya adalah kemampuan HDMI output nya untuk record format, namun harus menggunakan monitor+recorder dari blacmagic, yaitu Video Assist 5” 12G HDR and Video Assist 7” 12G HDR. Namun upgrade ini berbayar skitar $199 dan harus dikirim ke service center nikon.

Update kedua dalam firmware baru ini sekarang kita bisa merubah ISO dan temp di final cut pro x (versi 10.4.9 keatas ) dengan format ProRess Raw. Perubahan lainnya juga update kompabilitas lensa nikkor z 50 mm f1.2s dan beberapa pembenahan bugs. Nikon juga mengeluarkan update untuk Nikon Webcam Utility untuk macOS (versi 1.0.1) yang mendukung MacOC Big Sur dan apple M1 prosesor

Berikut ini link download Firmware Nikon z6 dan Nikon Webcam Utility for macOS below:

https://downloadcenter.nikonimglib.com/en/download/fw/380.html

https://downloadcenter.nikonimglib.com/en/download/fw/381.html

https://downloadcenter.nikonimglib.com/en/download/sw/188.html

RECENT POST:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend