6 Macam video promosi untuk bisnis Anda 2021

Video promosi produk bekerja sangat efektif dalam marketing bisnis Anda, apapun itu. Di era digital dan internet yang semakin murah ini, menikmati video di internet adalah suatu hal yang biasa. Bahkan saat ini video di internet telah menggeser jumlah penonton TV. Berbagai platform media seperti youtube, instagram, facebook dan tiktok memiliki jumlah penonton puluhan juta setiap hari nya. Hal ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi siapapun untuk melakukan video promosi karena gratis dan siapapun bisa memanfaatkan nya. Tidak seperti dulu yang membutuhkan jasa televisi nasional yang berbiaya tinggi. Kelebihan lainnya, dengan menggunakan youtube atau facebook kita bisa lebih efektif menyasar target market perusahaan dan memliki data statistik yang lengkap.

jumlah penonton youtube video promosi - Production House Surabaya
Data presentasi pengguna social media. Youtube efektif untuk video promosi!

Melihat data diatas dari kompas.com, pengguna Media sosial di indonesia habiskan 25 jam perbulan untuk menonton youtube. Informasi tambahan, riset teranyar WeAreSocial dan Hootsuite ini mencatat bahwa ada sekitar 170 juta pengguna yang aktif menggunakan medsos di Indonesia, di mana 168,5 juta di antaranya mengakses aneka platform tersebut dari smartphone. Selanjutnya video promosi iklan apa yang efektif untuk memngenalkan produk atau perusahaan kita? simak 5 penjelasan jenis video iklan atau promosi berikut ini.

Video Promosi Profil perusahaan

video promosi yang paling sederhana adalah video profil perusahaan. Video ini biasa nya berdurasi cukup panjang 1-3 menit yang isi nya memperkenalkan tentang perusahaan tersebut. Trend saat ini biasa nya video profil akan di pecah lagi menjadi lebih pendek untuk posting di instagram story, tiktok dan lain sebagainya. Isi dari video ini biasa nya detail informasi tentang perusahaan baik lokasi, produk dan jasa yang ditawarkan serta keunggulan-keunggulan nya.

Alur cerita video profile perusahaan biasa nya runut dan formal, dari awal pengenalan perusahaan, lokasi, informasi tentang organisasi perusahaan, produk dan jasa, keunggulan-keunggulan , hingga sertifikat atau penghargaan yang telah didapat oleh perusahaan tersebut. Video profile perusahan ini efektif untuk presentasi terhadap calon customer besar atau badan usaha lain. Biasa nya kerjasama B2B ( busines to busines ) memerlukan detail informasi tentang perusahaan yang akan diajak kerjasama tersebut.

video promosi - Production House Surabaya
Video promosi peluncuran produk baru, cleo platine

Video promosi iklan social media

video promosi pada sosial media saat ini sangat efektif karena penggunanya yang sangat banyak. Dengan durasi yang bisa sangat pendek dari 6detik-1 menit sudah sangat cukup untuk memperkenalkan produk. Anda juga bisa menggunakan nya untuk posting di IG story. Karena durasi yang cukup pendek biasa nya tingkat kesulitan nya lebih tinggi. Harus memastikan setiap gambar efektif menyampaikan informasi produk anda. Selain itu harus menarik perhatian, bisa dengan konsep lucu, bahagia sampai tema yang menyentuh hati. Anda juga bisa memanfaatkan moment seperti bulan Ramadhan, dengan tema bulan puasa durasi pendek.

Video Cara Kerja / Tutorial

Setiap customer pasti ingin mengetahui bagaimana detail produk yang akan dibelinya. Spesifikasi produk hingga cara kerja atau penggunaan produk tersebut. Calon pembeli akan sangat senang dan percaya jika barang tersebut terdapat video penjelasan seolah bisa melihat bagaimana produk tersebut diperagakan oleh orang. Video dapat dimulai dari awal box yang didapat, cara membuka paket boks tersebut berlanjut penjelasan secara runut penggunaan produk tersebut. Akan menjadi nilai tambah jika kita bisa menampilkan peringatan atau hal yang sebaiknya dihindari agar produk bekerja dengan baik dan awet.

Walau video jenis ini cenderung kurang menarik dan membosankan, namun video jenis ini justru akan mendatangkan pelanggan yang siap membeli produk Anda. customer yang benar-benar mencari dan membutuhkan produk ini lah yang akan menonton video sampai selesai. Kita tetap bisa membuat video ini enak ditonton dan informatif dengan tetap menjaga artisik set studio dan kemampuan mengambil sudut gambar yang baik. Perhatikan pula pemilihan musik latar belakang, jangan terlalu mengganggu. Agar lebih profesional lagi bisa dengan menambahkan infografis minimalis pada saat editing.

Video edukasi

selanjutnya adalah video edukasi. video promosi yang satu ini berisi informasi yang dapat menambah wawasan penonton. Dengan memberi wawasan tentang suatu hal yang berkaitan dengan produk Anda, akan banyak calon pelanggan yang semakin mengerti pentingnya produk Anda. Sebagai contoh jika Anda adalah perusahaan air mineral, anda bisa membuat video-video yang berkaitan dengan hidup sehat, menjaga minuman sehat alami dan segar. Manfaat air minum bagi tubuh manusia bahkan bisa membuat video promosi ini dengan seorang pakar nya langsung atau dokter gizi yang memang ahli dibidangnya. Perkenalkan produk Anda secara halus bahwa produk ini akan memberikan manfaat bagi tubuh kita

Video testimoni

Sejak dulu promosi dari mulut ke mulut telah terbukti sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Nah diera sosial media sekarang video promosi menggunakan testimoni dari pelanggan masih efektif bahkan jauh lebih baik. Secara sederhana dengan mudah kita bisa membuat video testimoni menggunakan smartphone, pelanggan yang puas bisa diminta untuk membuat video tersebut menggunakan ponsel pribadinya. Namun untuk menjaga kualitas, video tesimoni sangat baik jika dilakukan oleh profesional atau production house. Testimoni tersebut akan sangat berdampak terhadap kepercayaan publik, karena sesama pelanggan akan saling berbagi pengalaman langsung. Jika Anda memilik budget lebih bisa memanfaatkan influencer atau selebgram yang sudah memiliki banyak follower untuk membuat video testimoni tersebut.

Video dokumentasi kegiatan perusahaan

Video promosi terakhir yang bisa kami rekomendasikan adalah video dokumentasi kegiatan perusahaan. Dokumentasi perusahaan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan perusahaan. Namun seringkali masih dilakukan asal, sehingga kurang menarik untuk dipublish secara umum. Anda meminta jasa profesional dan pastikan untuk membicarakan semua nya lebih detail sebelum event tersebut berlangsung. Hampir semua moment penting perusahaan sebenarnya bisa dijadikan bahan promosi, sebagai contoh perusahaan Anda adalah perusahaan makanan atau catering dan memiliki kegiatan sosial bagi-bagi makanan gratis untuk orang jalanan. Atau perusahaan air minum mengadakan event lari maraton. Cukup dikemas dengan durasi pendek justru akan mudah dibagikan ke berbagai platform media sosial.

Demikian artikel kali ini yang bisa kita share. Jika memang tertarik lebih jauh tentang membuat video promosi dan bisa kamu lakukan sendiri, kami juga telah membahasnya. Baca berikut ini 5 langkah membuat video promosi.

Referensi :
kompas.com

RECENT POST:

1 thought on “6 Macam video promosi untuk bisnis Anda 2021”

  1. Pingback: 5 langkah untuk membuat video promosi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
error: Content is protected !!
Send this to a friend